CLASIFIED MUSIC | ORIGINS | 29 Agustus 2019

Sentuhan Irama dan Musik Tradisional “You Move Me” Dipha Barus, Akan kah Sukses di Pasar Internasional?

Dipha Barus,--di tanah air, nama DJ yang baru dinobatkan sebagai DJ of The Year di Paranoia Awards 2018 ini semakin dikenal.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

‘Cause baby to me

You're my one and only

Baby to me

You here makes me happy

You know that I'm grateful, I'm thankful

For everything that I've got

'Cause you know I love the way you move me

You move me… 

Dipha Barus,--di tanah air, nama DJ yang baru dinobatkan sebagai DJ of The Year di Paranoia Awards 2018 ini semakin dikenal. Kesuksesannya memberi warna musik baru di dunia permusikan lokal, tidak hanya disenangi oleh warga Indonesia, namun juga para wisatawan asing yang berkunjung ke negeri kita.

Pernyataan ini kami temukan ketika berkunjung ke kota Bali. Beberapa tempat hiburan, seperti restoran dan bar  di pulau dewata itu, memutar deretan lagu aransemen Dipha, seperti No One Can Stop Us yang menggandeng musisi indie lokal, Kallula (KIMOKAL), dan beberapa lagu yang di rilis pada tahun 2018 seperti My Kind of Crazy, dan All Good. We are so proud of you!

Pada Juli 2019, kemarin, dengan tujuan membawa nama harus musisi lokal di panggung internasional, Dipha Barus akhirnya merilis debut musik internasionalnya lewat lagu You Move Me. DJ dan produser yang memiliki penampilan sederhana ini, menggandeng seorang musisi perempuan, Monica Karina.

Lagu yang membawa pesan tentang cinta dan kerinduan ini menjadi proyek kolaborasi ketiga Dipha Barus dan Monica Karina setelah Skin to Skin dan Money Honey (Count Me In). Lagu You Move Me sekaligus menjadi single perdana Dipha Barus yang diproduksi Ultra Records.

Dipha telah menandatagani kontrak kerjasama satu tahun dengan perusahaan independen yang berpusat di New York, Amerika Serikat ini. Ultra Records sendiri merupakan label yang menaungi rilisan dari musisi dance music ternama dunia seperti Steve Aoki, Calvin Harris, Above & Beyond, dan Beny Benassi.

Pengerjaan single terbaru ini tidak lepas dari bantuan rekan-rekan Dipha, mulai dari rapper Matter Mos pada departemen lirik, grup Inside Out dan Narangga untuk paduan suara (choir), Diego Wahyu pada gitar, sampai proses mixing oleh Jonathan Pardede.

Identitas Dipha

Untuk irama musik, You Move Me masih sama seperti identitas musik Dipha lainnya. Kuat dengan sentuhan musik soul, R&B, yang dipadukan dengan ritme musik elektrik khas Dipha Barus. Namun, karena lagu ini di gawang sebagai debut internasional Dipha, tidak ingin meninggalkan identitasnya sebagai musisi tanah air, Dipha menambah sentuhan musik tradisional, seperti lantunan irama gamelan dan angklung yang  menjadi intro musik.

Tidak berhenti pada hentakan musik, sentuhan tradisional pun terdengar kuat pada lirik lagu. Alunan suara backing vocal pada bagian bridge laguyang menggiring suara Monica Karina sebagai vokalis untuk masuk pada bagian reff lagu, “Love the way you move me, Love the way you move me...” mengingatkan kita pada lagu daerah khas Papua.

Dalam wawancara dengan media pada Juli lalu, Dipha menjelaskan lagu ini merupakan salah satu lagu favoritnya. Alasannya karena lagu ini menampakkan sisi personal dia tentang apa yang menginspirasinya. "Melalui musik saya, saya mencoba untuk membagikan vibrasi positif yang saya terima dalam lagu ini. Harapannya lagu ini juga dapat menggerakkan jiwa kalian," ungkap Dipha.

Sentuhan irama dan musik tradisonal yang dipadu-padankan Dipha pada lagu You Move Me, akan sukses membawa harum namanya di dunia musik internasional? Tentu, ini merupakan tantangan besar. Sembari menunggu jawaban itu, sebagai pendukung musik dalam negeri, tentu kita bangga akan kreatifitas Dipha Barus dalam menciptakan lagu terbarunya ini. Good luck, Dipha! 

 

Penulis: Arisa Mukharliza

Editor: Fik


Photography By : Istimewa



Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Semangat Do It Yourself (D.I.Y) adalah sebuah credo wajib bagi anak-anak punk. Etos itu pun berlaku ...
Album penuh kedua Rich Brian yang hidup dengan pendekatan berbeda ...
Kesan pertama saya saat melihat aksi panggung Pemuda Sinarmas “Njir, ribet banget sih? Nge-DJ pake ...
Rap dan Hip-hop adalah sebuah genre musik yang kerap kali dikaitkan dengan Black Culture. ...
Cepat, bising namun harmonis. Tiga kata itu mungkin cukup tepat untuk menggambarkan musik yang dirac ...
Berbicara mengenai musik death metal di Yogyakarta tentu saja tak akan lepas dari sebuah band bernam ...
Dunia memang tidak bisa diprediksi bagi Kuntari. Setelah menggeluti jazz, world music, dan neoklasik ...
Siapa tak kenal almarhum Gesang, maestro Keroncong Indonesia? ...
Selang lima tahun, akhirnya Dialog Dini Hari melepas album terbarunya. ...
Single soal kemerdekaan dan megenrekan diri mereka ‘90 rock electronic dance indie ...
Baru-baru ini, pihak film Gundala mengumumkan tujuh lagu terpilih dalam sayembara #GundalaSongTribut ...
Please wait...