CLASIFIED ARTS | DISCOVER | 30 Oktober 2019

Mendengarkan Semua Genre Musik Banyak Manfaatnya, Lho!

Lagu dan genre baru? Kenapa tidak. Temukan manfaatnya mulai dari sekarang.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Kalau udah menyangkut sama satu genre musik biasanya jadi males ngedengerin genre lainnya, maunya dengerin yang itu-itu aja. Palingan dengerin intronya doang terus langsung di-skip deh. Sebenarnya ini kebiasaan yang kurang elok. Padahal ada beberapa keuntungan kalau kita ngerubah kebiasaan jadi suka mendengarkan semua genre. 

Studi dari Northwestern University yang berfokus pada bimusicality menyebutkan bahwa, seseorang yang terbiasa mendengarkan dua jenis musik lebih memiliki kinerja otak dan kemampuan linguistik yang cukup baik, dibandingkan mereka yang hanya mendengarkan sedikit jenis musik. Itulah makanya dengerin genre musik apa aja bisa menyehatkan otak, karena mendengarkan musik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan fungsi bagian otak kita. 

Bagi orang yang memiliki tipe auditori dalam menangkap suatu informasi, mungkin musik bisa menjadi media pembelajaran atau sebagai bahan terapi untuk merefleksikan otak. Terapi mendengarkan semua macam jenis musik juga bermanfaat mengurangi gejala dari depresi, melawan stres, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak. 

Banyak dengerin berbagai genre musik, bisa juga jadi pick-up lines buat ngegombalin si doi. Kalau suka dengerin berbagai macam genre, mau itu indiepop, britrock, heavy metal, atau dangdut sekalipun, pastinya kamu jadi yang paling tahu tentang musik dong. Nah, cuma modal itu doang kamu bakal bisa ngobrol banyak sama gebetan, terus bikin si doi jadi kepatil dengan pengetahuan musik kita yang luas. Mantoel! 

Dari pengetahuan musik yang sangat luas, kita pun bisa jadi DJ buat gigs karaokean di bar-bar yang lagi hype karena tahu lagu yang cocok dimainkan buat crowd saat ini. Hal yang pasti juga dengan mendengarkan semua genre musik, kita jadi membiasakan diri untuk mengapresiasi dan menghargai setiap karya musisi. Karena di dalam musik ada begitu banyak pemikiran dan kerja keras dalam proses pembuatannya. 

Kamu juga akan sangat mudah menemukan lagu yang cocok dimainkan apa pun suasana hatimu karena referensi lagu yang kamu tahu cukup luas. Baik itu saat senang, sedih, kecewa, marah, atau saat ingin menyendiri. Tapi nggak ada salahnya mencoba dengan perlahan untuk mengganti musik yang kita dengarkan apapun yang sedang dirasakan, dengan mendengarkan musik yang membuat tenang dan ceria. Jangan mendengar lagu yang sedih jika sedang galau, itu hanya makin memperparah mood, bukan memperbaiki gwengs. 

So, setujukan kalau mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood dan lebih mewarnai hari-hari kamu saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau tempat hangout. Apalagi sekarang sudah semakin mudah kita mendengarkan musik atau menonton festival musik, karena perkembangan teknologi sudah memungkinkan kita untuk mendengarkan semua genre musik lewat berbagai gadget di mana pun kita berada. 

Makanya setiap orang harus memberi kesempatan pada genre apa pun. Musik memang adalah tentang selera dan preferensi, tetapi percaya lah kamu akan selalu menemukan lagu yang menarik dan menyenangkan apa pun genrenya. Nggak ada ruginya kok untuk menyisihkan beberapa menit dan mulai mendengarkan lagu baru yang belum pernah kamu dengar. Lagian sensasi saat mendengarkan sebuah lagu yang belum pernah kita dengar, akan membawa kita ke dalam sebuah petualangan baru yang tentunya menyenangkan.

 

Penulis: Raditya Nugroho

 

Editor: Fik


Photography By : Istimewa



Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Tak hanya Instagram atau media sosial lainnya, buku foto kini menjadi sarana ekspresi diri kekinian. ...
Traveling ke ruang angkasa, menjelajah satu galaksi ke galaksi lain. Buat saya, cerita kayak begini ...
Di zaman digital ini, ukuran artwork album berkurang hingga seukuran kuku ibu jari saja. Lantas, per ...
Earworm bukanlah penyakit adanya cacing yang bersarang di telinga. Earworm adalah fenomena dalam mus ...
Musik dan sepak bola sudah cukup lama dikenal sebagai dua entitas yang berhubungan erat. ...
Spektrum seni memang tak ada batas. Tiap orang berhak berkesenian lewat medium apapun, termasuk keyb ...
Ragam musik makin berkembang seiring perkembangan jaman. ...
Barang kali, tak ada yang musisi paling takutkan selain berujung pada karier one-hit wonder. ...
Jika kita melihat ke belakang, sebenarnya banyak sekali label-label rekaman DIY yang tetap menjaga k ...
Lagu ninabobo tidak hanya untuk bayi, mereka juga bagus untuk para orang dewasa. Menggunakan musik y ...
Auto-Tune adalah teknologi yang banyak dibenci dan dicinta. Banyak orang menghujatnya, namun lebih b ...
Saatnya gadget jadi sarana untuk belajar dan memproduksi musik sendiri ...
Studio produksi RRI menjadi penjaga kesatuan NKRI di 10 daerah perbatasan Indonesia lewat siaran yan ...
Musik punya peran penting bagi seorang videomaker. Musik latar yang tepat untuk sebuah adegan, bisa ...
Kamu jago beatmaker? Siap-siap banyak job! ...
Dulu dan kini memang berbeda. Tapi bikin kamu lebih simpel untuk produktif. ...
Selain bersenang-senang, nonton konser ternyata punya manfaat yang sama dengan berolah raga. Yuk rut ...
Sountrack punya peranan penting dalam adegan film. Bisa jadi nyawanya memang di situ, termasuk salin ...
Selalu ada hal menarik di setiap konser yang kamu datangi. Banyak yang jadi bahan menarik untuk diul ...
Please wait...