CLASIFIED MUSIC | NEWS & UPCOMING | 17 Agustus 2019

Enam Manfaat Musik Ini Berpengaruh Bagi Kesehatan

Terapi musik bisa menenangkan kecemasan, mengurangi rasa sakit, dan jadi hiburan yang menarik selama kemoterapi dan selama diopname.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Hampir tidak mungkin menemukan seseorang yang tidak memiliki koneksi yang kuat dengan musik. Meskipun jika kamu tidak bisa memainkan alat musik, kemungkinan kamu dapat membuat daftar lagu yang dapat membangkitkan kenangan dan semangat kamu.

Para dokter bedah menggunakan musik untuk mengurangi stres di kamar operasi, dan musik juga membantu pemulihan pasien pascaoperasi. Selama 10 tahun terakhir, musik juga memgang peran penting dalam proses penyembuhan.

 

Apa itu terapi musik?

Orang-orang yang memiliki sertifikat sebagai terapis musik biasanya merupakan musisi yang memiliki pengetahuan yang mendalam bahwa musik bisa membangun respon emosional untuk menciptakan ketenangan dan membantu proses penyembuhan.

Para terapis mengkombinasikan pengetahuan mereka tentang beragam musik yang luas untuk mencari musik yang spesifik yang bisa membantu proses penyembuhan hingga meditasi. Mereka juga bisa menemukan di genre kesukaan kamu, dari electropop hingga grand opera.

Musik yang diberikan kepada pasien bisa melalui tank drum, ukulele, atau speaker iPad. Teknologi memberikan kamu banyak akses kepada semua jenis musik dan kamu bisa menemukan musik apapun yang kamu suka. 

 

Manfaat terapi musik

Musik dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup. Ini adalah beberapa contoh manfaatnya: 

1. Mengurangi kecemasan dan ketidaknyamanan saat melakukan prosedur medis

Terdapat penelitian bahwa pasien yang mendengarkan musik sebelum diperiksa kolonoskopi, operasi lutut, atau angiogram CT scan jantung menunjukkan kurangnya tingkat kecemasan dan lebih sedikit membutuhkan obat penenang/ pereda nyeri.

Pasien yang mendengarkan musik di ruang operasi juga melaporkan bahwa ia merasakan sedikit ketidaknyamanan selama prosedur dilakukan. Selain itu, pasien yang mendengarkan musik di ruang pemulihan juga menggunakan sedikit obat pereda nyeri. 

 

2. Memulihkan kemampuan berbicara

Terapi musik dapat menolong pasien yang sedang dalam fase pemulihan dari stroke atau cedera otak yang merusak bagian kiri otak, sehingga kemampuan bicaranya pun jadi rusak. Karena kemampuan bernyanyi berasal dari otak bagian kanan, pasien dapat menyatakan pemikirannya dengan bernyanyi. Gabby Giffords, mantan Dewan Perwakilan Amerika Serikat, pernah melakukan teknik ini sehingga ia bisa bersaksi atas peristiwa penembakan yang mengakibatnya luka di otaknya dan kehilangan kemampuan bicaranya. 

 

3. Mengurangi efek samping dari terapi kanker

Mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan saat melakukan kemoterapi dan radioterapi. Ini juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada pasien saat menerima kemoterapi. 

 

4. Menolong terapi fisik dan rehabilitasi

Jika kamu berolahraga dengan daftar lagu yang kamu suka, maka kamu akan menyadari bahwa musik tersebut dapat membantu rutinitas olahraga kamu. Bahkan, beberapa penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan kemampuan fisik, psikologis, kognitif, dan emosional selama program rehabilitasi dilakukan. 

 

5. Mengurangi rasa sakit

Terapi musik telah diuji coba ke beberapa pasien, dari yang mengalami sakit jangka pendek hingga sakit kronis dari radang sendiri. Musik dapat mengurangi rasa sakit, mengurangi kebutuhan obat, membantu mengurangi depresi pada pasien yang merasa sakit, dan memberikan mereka kemampuan untuk mengendalikan rasa sakitnya.

 

6. Meningkatkan kualitas hidup pasien demensia

Terapi ini dapat membangkitkan kenangan, mengurangi keresahan, membantu komunikasi, meningkatkan koordinasi fisik, hingga mengurangi risiko sakit jantung pada pasien demensia. 

Meskipun musik memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tidak berarti kamu dapat menggantikan pengobatan medis dengan terapi musik. Pastikan selalu pantau kesehatan kamu ke dokter, rajin berolahraga, dan mengikuti gaya hidup sehat.

 

Penulis: Nia Janiar

Editor: Fik


Photography By : Freepik



Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

TAGGED :

Related Article

Gambaran situasi para pewarta musik hari ini ...
Sebuah karya lanjutan dari band rock Ibu Kota yang tengah melambung namanya. ...
Trio power pop asal Jakarta ini berhasil menemukan jati diri sebenarnya ...
“Rancangan awal memang kami pengin bikin band akustikan. Kami mikirnya lebih ke arah simple. Bisa ...
Dalam memperingati usia dua dekade di 2019 salah satu band pop punk berpengaruh tanah air. ...
Sebuah karya lugas dari band power pop asal Jakarta ...
Biduan pop, Vira Talisa, sukses menampakan keemasan musik pop Indonesia lewat Primavera. Jika di kar ...
Kritik penonton terhadap konser Westlife di Jakarta mengingatkan kembali pada promotor, bahwa konser ...
Warpaint : Tampil Minimalis namun Berhasil Jadi Pusat Perhatian ...
Medium promosi karya band di era digital seperti sekarang tak hanya terbatas pada tulisan review saj ...
Penyanyi lagu I Love You 3000, Stephanie Poetri dikabarkan gabung ke label rekaman 88rising. ...
Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk bersiasat. Duduk sejenak untuk memandang jauh ke depan demi ...
2020 menjadi tahun keempat perhelatan JogjaROCKarta. Setelah sukses menghadirkan Dream Theater, Mega ...
Please wait...