CLASIFIED ARTS | ARTIST & ARTWORK | 29 Agustus 2019

Deretan Musisi yang Bisa Hidup Dengan Skill Non-Musik

Jika seorang musisi juga punya keahlian lain yang sampai taraf dapat mensubstitusi pendapatan mereka dari musik.

Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

 

Jika kita lihat sekitar, pasti ada saja orang yang kita kenal dianugerahi berbagai macam keahlian. Orang seperti ini terkadang membuat dahi kita mengkerut berpikir keras bagaimana seseorang bisa menguasai berbagai macam keahlian. Menariknya lagi, keahlian orang-orang tadi juga membuka pintu rejeki baru. 

Hal ini tentunya juga berlaku di dunia musik. Eits, kesampingkan dulu anggapan “ah, dia bisa jadi ini, juga karena dia dikenal sebagai musisi.” 

Anggapan itu betul adanya. Misalnya ada musisi yang tiba-tiba jadi sutradara video klip dadakan. Kalau ingin bicara pahit, hal itu bukan karena skill-nya menyutradarai, tapi lebih karena nama besarnya sebagai musisi. Sehingga seakan-akan karya video klip yang ia telurkan punya segi positif di dunia penyutradaraan. 

Nah yang bakal kita bahas di sini ialah musisi yang mencari karier lain di luar dunia entertainment yang membesarkannya. Gak perlu panjang lebar lagi, berikut deretan musisi dengan multi-skill. 

1. dr. Tompi 

Sesuai gelar yang disandangnya, Tompi juga merupakan seorang dokter spesialis bedah plastik. Bahkan ia mengakui menjadi seorang dokter adalah profesi utamanya. Musik hanyalah bagian dari hobi yang ia geluti secara serius. 

Kepiawaian pria bernama asli dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP ini, sempat terbukt saat ia vokal menyuarakan hoax kasus pemukulan Ratna Sarumpaet. Nyatanya ia terbukti benar bahwa luka (seakan) lebam di wajah Ratna Sarumpaet bukanlah akibat pemukulan melainkan bedah plastik. 

Bukan cuma ahli di bidang kedokteran, Tompi telah menyelesaikan sebuah film sebagai sutradara berjudul Pretty Boys. 

2. Personel Seringai 

Jika kita telisik satu persatu personel Seringai, semuanya memiliki profesi di luar jalur musik. Arian13 sang vokali dan Sammy Bramantyo sang bassist sejalan menjadi enterpreneur dengan membangun brand Lawless yang bergerak di bidang kuliner, otomotif dan clothing line. 

Sementara sang gitaris, Ricky Siahaan juga berprofesi sebagai manajer aktor laga go international Iko Uwais. Keberhasilan Iko menjadi aktor laga film-film Hollywood tak lepas dari skill manajerial Ricky yang piawai melihat serta memasarkan potensi Iko. 

Eddy “Khemod” Sutanto sang drummer menjadi “paket lengkap” Seringai sebagai band multi skill. Ia memegang jabatan Creative Director di sebuah creative agency, Cerahati. Agency ini mengerjakan berbagai macam konten seperti TV commercial, video klip, dsb. Sebagai Creative Director, Khemod tentu punya peran besar dalam produksi sebuah konten di Cerahati. 

3. Leon Ray Legoh 

Drummer band rock Koil ini juga dikenal “sangar” di dapur. Ia menjadi chef utama di rumah makan yang ia buat sendiri bernama Legoh yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Ia memang sering mengutarakan bahwa memasak adalah hobinya. 

Nama besar rumah makan Legoh sebagai spesialis masakan Manado, dapat dicapai bukan karena siapa pemiliknya. Namun memang karena Legoh memenuhi syarat utama sebagai destinasi kuliner: harus enak! 

4. Jerinx Superman Is Dead 

Bicara tentang Jerinx seperti membicarakan udara: ada di mana-mana. Eksistensi Jerinx di dunia musik tentu sudah tidak diragukan. Ia juga vokal terhadap isu kemanusiaan yang sering ia utarakan lewat media sosial pribadinya. 

Ditambah lagi, ia juga hadir dalam bisnis kuliner pariwisata dengan membangun sebuah bar di Bali bernama Twice Bar. Dalam menjadi enterpreneur nampaknya Jerinx juga tak ingin setengah hati.  Ia juga punya studio tato bernama Lady Rose Tatto serta clothing line-nya sendiri, RMBL. 

5. Giring Ganesha 

Mantan vokalis Nidji, Giring Ganesha juga dikenal sebagai bos media. Ia mendirikan Kincir.com pada 2013 silam. Awalnya Kincir.com berperan sebagai tempat interaksi antar fans dan musisi. Kini Kincir.com telah beralih ke bisnis media menyajikan informasi gaya hidup yang dekat dengan anak muda.  

Kepiawaian Giring mengelola Kincir.com dibuktikan dengan suntikan dana dari grup Djarum, Merah Putih Inkubator lewat naungan GDP Ventures. Kini Giring masih menjadi Chief Executive Officer (CEO) di Kincir.com.

 

 

Penulis: Falih Noor

Editor: Fik

 


Photography By : Istimewa



Share buat tambahin poin lo!
Share   Tweet

Related Article

Lagu-lagu Indonesia yang dirilis lepasan tanpa atau belum tergabung dalam album ...
Terdapat album debut, album comeback, maupun album lanjutan yang mencuri perhatian ...
Hey! Agustus tiba. Apa harapanmu di bulan baru ini? Masih semangat untuk mengejar impian dan mewujud ...
Nama arsitek Andra Matin selalu jadi nilai jual bagi para pengembang perumahan yang memakai jasanya. ...
Please wait...