SAWARNA, mutiara terpendam di Banten

  • 3 bulan yang lalu
  • 1851
Bosan dengan kehidupan yang monoton di Jakarta dan penat dengan pekerjaan, akhirya gw mengajak temen-temen untuk ngerencanain liburan. Gw bilang ke temen-temen “Bro, udah harus liburan ni refreshing dan cari tujuan tempat yang otentik orang belum banyak tau”. Ya, inilah awal mula keluh kesah gw dan temen-temen nentuin tempat tujuan wisata. Ya tentunya banyak banget tempat pilihan, tapi setelah coba browsing sana sini, akhirnya kita sepakat untuk menentukan tujuan next destinasi liburan kita di PANTAI SAWARNA, Bayah, Banten. Gak tau kenapa pas liat foto-foto hasil jepretan orang gw langsung bilang “Guys, kita harus kesana, liburan sekalian kita bikin video. Soalnya ini tempat keren banget pantainya”. Ya Pantai Sawarna tidak kalah dengan Pantai-pantai di Bali ataupun di Lombok, dia memiliki keasriannya sendiri. Dan alamnya yang asri dan masih jauh dari keramaian orang-orang, membuat destinasi wisata ini bisa dibilang otentik dan murni. Ini sih salah satu yang bikin gw jatuh hati sama Pantai Sawarna.
Kalian bisa mengerti kenapa Pantai Sawarna kini mulai menjadi buah bibir dan primadona baru tujuan wisata untuk warga Jabodetabek, selain indah mungkin juga orang sudah bosan ketika mau ke pantai pasti bicaranya anyer lagi dan lagi. Jadi, Pantai Sawarna adalah alternatif otentik untuk jawabannya.  
Hari Jumat di bulan Juli, setelah Sholat Jumat, gw dan temen-temen berangkat menuju Pantai sawarna, menembus kemacetan Jakarta, melewati kebisingan mobil dan truk yang lalu lalang. Yang ada di pikiran cuma pengen sejenak lepas dari kepenatan ini. Perjalanan menuju sawarna bisa kalian tempuh kira-kira 4-5 Jam tergantung dari kemacetan menuju sana. Dan Google Maps bisa support kalian supaya tidak kesasar kesana kemari menuju Pantai Sawarna.
Nah, tapi sayang sekali hari jumat, karena mungkin lalu lintas padat menjelang weekend, jadi gw sama temen-temen baru sampai sawarna itu kira-kira jam 7 Malam. Bisa dibayangin kan gelapnya, dan akses jalan menuju sawarna lumayan berliku. Oia Guys, di Pantai Sawarna ini banyak banget penginepan Guest House, tapi jangan berharap nemuin hotel bintang 3-5 disini ya. Tiket masuk pantai sawarna Rp 5000,- /orang, ya itung-itung uang masuklah dan ini cukup sekali bayar saja sampai kalian pulang. Dan untuk yang bawa kendaraan seperti Mobil itu untuk parkirnya Rp 20.000,-/Hari. Yakk, dan yang paling mengagetkan gw, ternyata dari Parkiran mobil menuju Pantai Sawarna itu alternatifnya cuma 2 ya antara jalan kaki atau naik ojek. Haha, pasti kalian mikir, kenapa naik ojek ya? Ya, karena akses menuju Pantai Sawarna tidak bisa di akses dengan mobil, dan jaraknya itu lumayan jauh, kira-kira bisa 4-5 KM. Dan penginapan gw jg lumayan jauh kedalamnya, karena gw sama anak-anak sepakat, tidak apa-apa capek jalan kaki, yang penting kita dapat view yang bagus banget. Untuk ongkos ojek ke Pantai Sawarna atau ke penginepan deket-deket situ berkisar antara Rp10.000,- s/d Rp15.000. Buat kalian yang gak pengen capek-capek jalan kaki, ada kok solusinya. Selain ojekan, kalian bisa sewa motor ke orang penginepan kalian untuk harga per hari berkisar antara Rp100.000,- s/d Rp 125.000,- 
Ya malam pertama kita habisin, dengan mendegar deburan ombak, dan yang pasti kalau udah kumpul gini apalagi kalau gak masak-masak. Ya bakar ikan udah yang paling komplit. Gw selalu bilang sama temen-temen “Makan gak makan, yang penting ngobrol selama masaknya”. Ya biasalah namanya juga lelaki, apa aja di obrolin. Ini adalah waktu dimana kita bisa lepas dari semua aktifitas penat di kota Jakarta, dan berbaur dengan alam, merasakan deburan ombak, indahnya langit yang bertaburan bintang, dan bau pasir putih di Pantai Sawarna.
Semua gelisah di malam hari menunggu esok harinya terbayar dengan luar biasa, suasana sun rise yang udah lama gak gw liat bikin gw dan temen-temen langsung pergi menuju pantai. Yaa, kalian pasti bakal berdecak kagum jika melihat keindahan & keasrian alam di Pantai Sawarna.
Selain Pantai Sawarna, di daerah ini kalian juga bisa menemukan beberapa tempat yang tidak kalah menariknya ada Karang Bokor, Pantai Tanjung Layar dan beberapa tempat yang kalian harus liat dengan mata kalian sendiri, keindahan alam khas Indonesia. Nah ini yang gw anggep PURE TASTE. Kenapa kita musti keluar negeri kalau kita bisa menemukan banyak keindahan pesona alam yang otentik di Indonesia?  
Setelah seharian berjalan mengelilingi beberapa tempat tentunya gw nggak bisa melewatkan sunset di Pantai Sawarna. And it’s trully amazing, kawan. Ini adalah keindahan yang kalian bisa dapatkan jika kalian melepaskan diri kalian melihat alam sekitar.  
It’s Simply Authentic! Inilah liburan yang nggak jauh jarak tempuhnya dan bikin gw fresh lagi untuk mulai hari-hari gw yang akan padat dengan pekerjaan. Disini gw merasakan “Pure Taste” dari keasrian alam yg membuat gw sangat bangga akan Indonesia. Ya Rasa Otentik dari sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan tentunya buat gw dan temen-temen.
So buat kalian yang udah baca artikel ini, yuk tulis di kolom komentar apa sih PURE TASTE versi kalian? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya dan gunakan hashtag #PureTaste #Simplyauthentic

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

sawarna cantiknyaa menawan setiap kali mata memandang ada rasa syukur yg tak terhingaa ♡♡♡ #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Dluy Hartono
  • 1 bulan yang lalu

Begitu liat postingan ini, naluri jiwa travellingku kembali tergugah yang sudah beberapa bulan mulai surut karena jenuh dengan wahana yang itu itu saja. Memang media sosial sangat memikat dan bisa banget mempengaruhi pikiranku (eitt.. Sisi positif ya). Begitu liat wahana yang ada digamvar, seolah aku gue ga percaya kalo dipinggiran ibukota ada surga mutiara yang tersembunyi seperti Pantai Sarwana. Sepoi angin-pun bisa gue rasain meski belum injekin kaki disana, tapi jika dilihat dari wahananya, gue mencium sesuatu. Gue mencium bau surgawi Indonesia ahahaa... Yahh, gue masih belum percaya kalo gue belum ke sana. Tapi, sepertinya gue gak bisa ke sana akhir bulan ini karena gue ga bakal sabar nunggu weekend besok buat kesana bareng team travelking gue. Luar biasa Surganya Indonesia. Inilah #PureTaste #SimplyAuthenthic sejati.

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

sawarna adalah salah 1pantai yg skrg menjadi incaran para traveller meninggat kecantikan serta keasrian pantai tsb yg masih terjaga , sebelum skrg yg sudah canggih dengan teknlogi pantai sawarna masih minim penunjung berbeda dgn skrg sudah banyak yg mengetahui keindahan sawarna dan jadi buruan anak traveller , sudah ada di google & sudah bnayak orang mengetahui meksipun begitu sawarna memang salah 1 destinasi wisata yg harus coba di kunjungi . yg menarik di sawarna adalah tanjung layarnya yg menjadi spot foto cantik yg instagramable utk kaum milenial serta mrngabadikan keindahan2 disana akan terlihat karang spt layar kapal .. sangat indah & menjadi spot cantik . ayok eksplorer pantai indonesia #PureTaste #SimplyAuthentic

  • David William Simanjuntak
  • 1 bulan yang lalu

Pantai di Indonesia memang bagus-bagus gak kalah sama pantai di luar negeri. Justru masih banyak pantai di Indonesia belum terjamah manusia sangking banyaknya dan sulitnya Medan untuk menjangkau kesana. Memberi reward pada diri sendiri dengan berlibur ke tempat yang indah tidak perlu mewah atau mahal yang terpenting kita bisa merasa bahagia. Itulah arti #PureTaste bagiku. #SimplyAuthentic

  • David William Simanjuntak
  • 1 bulan yang lalu

Menarik banget dengan artikelnya. Kalau Pure taste buatku aku mendapatkan vitamin sea tiap weekend. Kebetulan aku tinggal di Manado dimana pantai dan laut banyak ditemukan disini. Tak perlu jauh-jauh pergi ke pantai untuk menikmati sunset cuma waktu jarak tempuh kira2 45 menit aku sudah bisa menikmati pemandangan laut sambil menunggu sunset di pantai Megamas. Setiap weekend aku selalu ke pantai melepaskan penat. Walaupun ramai karena weekend tapi bahagia rasanya, bagiku bahagia itu sederhana. Melihat keindahan alam ciptaan Tuhan membuatku bersyukur dan merasakan #PureTaste dari keasrian alam #SimplyAuthentic

  • Cindy Claudia
  • 1 bulan yang lalu

Wah.. Bagus banget view nya Pantai Sawarna. Mau curhat sedikit ka, Aku itu nggak pernah dibolehin kemana-mana sama orang tua, khususnya yang jauh-jauh apalagi sama temen. Keluarga juga jarang banget liburan dan sibuk masing-masing. Aku yang selalu dikamar mulai merasa bahwa aku menjadi seorang introvert. Dengan hidupku yang seperti ini, kadang aku jenuh sampai stres. Aku tidak punya banyak teman manusia, kalo kucing banyak, hhehe.. Paling teman hanya di sosmed aja. Orang tua ku memang over protektif sejak aku masih kecil. Tapi tak apa, inilah hidupku.. Karena dengan begini orang tuaku jadi tenang. Oke.. Dengan kehidupan ku yang seperti ini, Aku hanya dapat mendefinisikan #PureTaste secara sederhana. Yaitu saat aku dapat merasakan sifat asliku yang selalu ingin menyatu dengan alam. Saat rintik air hujan jatuh diatas kulitku, saat aku menatap awan dilangit, sunset dan bulan bintang dimalam hari. Indah sekali, Pure Taste dari alam yang telah Tuhan sisipkan untuk dinikmati keindahannya. Harum tanah dan daun saat hujan juga aku suka banget. Apalagi kalo ada pelangi, wah.. serasa dapat jackpot..!!! Itulah #SimplyAuthentic menurutku.

  • Soraya Rizki Amelia
  • 1 bulan yang lalu

Beberapa tahun belakangan memang Sawarna jadi alternatif wisata untuk orang-orang Jabodetabek yang bosan dengan Anyer. Tapi ada lagi loh yang lebih seru dari Sawarna dan masih dekat dari Jabodetabek. Yaitu Pantai Ujung Genteng di Sukabumi atau Geopark Ciletuh yg lokasinya masih di Sukabumi juga. Cobain kesana deh Bang pokoknya. Hehe. #puretaste menurut saya adalah ketika bisa menikmati alam yang masih 'perawan', jauh dari bisingnya kendaraan (kayak di Pulau Gili), mencoba makanan khas suatu daerah, berkemah di atas gunung atau pinggir pantai sambil menikmati dan mensyukuri keindahan alam yg sudah Tuhan ciptakan. Hmmm it's heaven! #SimplyAuthentic

  • Syukron Hamdalahuddin
  • 1 bulan yang lalu

Sawarna memang masih jadi surga buat yang bosan dengan Anyer bro. Tapi pantai tanjung lesung juga layak buat di coba. Pantai dengan airnya yg tenang dan enak buat ajak keluarga main air. Atau bisa juga Dari jakarta nyebrang menuju ke pulau seribu. Seru sih, berasa lupa kalo lagi di Jakarta. Di pulau seribu kita bisa terbebas dari hiruk pikuk ibu kota, istirahat dari bisingnya klakson di lampu merah, dan nikmatin sejuknya angin pantai yang jauh dari polusi polusi roda dua dan empat. Snorkeling juga lumayan oke karangnya. Saya biasanya ke pulau harapan, disitu ada homestay yang view dari terasnya langsung laut, dan ikannya juga enak, segar dan masih terasa manis. Biasanya ada sesi bakar sea food malamnya. Lumayan terjangkau juga liburan kesini. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Atika ayuningtyas
  • 1 bulan yang lalu

Pure Taste versi gue itu tempat dimana gw bisa menenangkan pikiran, tempat yg jauh dari hiruk pikuk perkotaan gw masih bisa denger suara kicauan burung, gw masih bisa bernafas tanpa takut menghirup asap dari polusi-polusi di jalan. Tempatnya gak harus jauh, cukup tempat wisata yg deket dari Jakarta aja udah cukup sih yg penting gw kesananya pas waktu belum liburan jadi bener2 sepi dan bisa bikin batin gw tenang dan pikiran jadi positif #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Ni Made Dinda Mentari
  • 1 bulan yang lalu

Btw that sunset was beautiful...mungkin kapan2 boleh beachcamp disanaa hihi #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Ni Made Dinda Mentari
  • 1 bulan yang lalu

Wahh boleh nih jadi sarana liburan selanjutnyaa terimakasih rekomendasinya Kak Baraa... Aku setuju sama kak bara, keasrian alam suatu tempat merupakan #PureTaste tempat tersebut. Apalagi yang masih jauh dari keramaian kota, tidak ada polusi, gedung2 tinggi dan kemacetan😂 kalau aku sih lebih prefer air terjun dibanding pantai, karena hawanya sejuk, udaranya bersih, pemandangan hijau, airnya menyegarkan, bisa berjam-jam disana, sarana me time aku... #SimplyAuthentic

  • Atika Meylisa
  • 1 bulan yang lalu

Jemput Nona pake mobil jip. Sawarna emang ajip.. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Atika Meylisa
  • 1 bulan yang lalu

Thanks for the info Mas Bara! Selalu Suka banget liburan ke pantai. Rame rame bahkan sendirian pun selalu dapet nikmatnya di pantai. Selama ini mau ke sawarna tapi belum kesampaian, gara2 artikel ini makin pengen bgt pergi kesana. Sawarna already on my list for my next destination holiday. Thank you!! #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Atika Meylisa
  • 1 bulan yang lalu

Pantai dan sunset yang bagus. Dan kearifan lokal masyarakat sekitar, bikin sawarna jadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

Pure Taste Versi gue adalah suatu tempat dimana ia mampu memberikan ketenangan , memberikan ruang utk bertafakur . bebas mengekpresikan .. tempat / alam dimana yg blm banyak pengunjung blm banyak di jamah banyak orang sehingga kita merasakan keaslian serta keaslian alam tsb . menikmati keindahan Tuhan yg hakiki , menikmati sesuatu yg minim budget tp kita puasss utk menghibur diri dengan keindaham Alam .. yaa sawarna adalah salah 1 pantai dgn deguban ombak & bebabtuan karang yg cantik yg masih sangat asri #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Fajar Rizki Pujo Prastowo
  • 1 bulan yang lalu

Dari artikel ini dapet banyak pelajaran, salah satunya jangan ragu buat berkunjung ke tempat wisata yang belum terkenal! Karena yang bisa menjadikan wisata alam jadi hitz dna kekinian kan kita sendiri. So, mari eksplor wisata-wisata yang ada di daerah kita masing-masing. Kalo bukan kita siapa lagi kan ya hehe #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Fajar Rizki Pujo Prastowo
  • 1 bulan yang lalu

Makin ngerti bahwa menjaga keindahan alam itu tugas kita bersama, semoga ngga ada lagi kasus wisata alam yang dipenuhi sampah lagi, biar tetep #PureTaste dan #SimplyAuthentic dong

  • Fajar Rizki Pujo Prastowo
  • 1 bulan yang lalu

Sekarang makin ngerti setelah baca artikel ini bahwa indahnya ciptaan Tuhan itu dekat, ngga perlu jauh jauh ke luar pulau apa lagi ke luar negeri, kalo mau nyari tau pasti dideket-deket kita ada kok ciptaan Tuhan yang bisa kita nikmati yang #PureTaste dan #SimplyAuthentic

  • Syukron Hamdalahuddin
  • 1 bulan yang lalu

Pure Taste itu memang bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan terjaga. Itulah sebabnya kemanapun kita pergi berlibur, penting untuk tetap menjaga keindahan dan kebersihan tempat tersebut. Selain itu, saya pribadi setiap mengunjungi tempat yang indah dan keren pasti selalu timbul di benak "Saya pasti bakal kesini lagi ajak anak dan istri bahkan cucu saya" Ini selalu jadi motivasi, supaya saya ga ngerusak tempat tersebut atau sekedar nyampah disana. Kadang saya miris bro, tempat-tempat wisata yang kita rekomendasikan atau di explore, yang bertambah bukan cuma pemasukan untuk sektor pariwisatanya doang bro tapi timbunan sampahnya juga bertambah. So, mari kita jaga lingkungan, supaya kalo mau refresh otak ke tempat yang Asri gausah jauh-jauh ke pelosok terpencil #PureTaste #SimplyAuthentic #travelling

  • Syukron Hamdalahuddin
  • 1 bulan yang lalu

Pure Taste itu memang bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan terjaga. Itulah sebabnya kemanapun kita pergi berlibur, penting untuk tetap menjaga keindahan dan kebersihan tempat tersebut. Selain itu, saya pribadi setiap mengunjungi tempat yang indah dan keren pasti selalu timbul di benak "Saya pasti bakal kesini lagi ajak anak dan istri bahkan cucu saya" Ini selalu jadi motivasi, supaya saya ga ngerusak tempat tersebut atau sekedar nyampah disana. Kadang saya miris bro, tempat-tempat wisata yang kita rekomendasikan atau di explore, yang bertambah bukan cuma pemasukan untuk sektor pariwisatanya doang bro tapi timbunan sampahnya juga bertambah. So, mari kita jaga lingkungan, supaya kalo mau refresh otak ke tempat yang Asri gausah jauh-jauh ke pelosok terpencil #PureTaste #SimplyAuthentic #travelling

  • Eko Arif Wicaksono
  • 1 bulan yang lalu

#PureTaste Terkadang kita tidak tersadar, kita selalu memandang produk hasil/bepergian ke luar negeri adalah hal yang teramat istimewa. Padahal kita banyak punya hasil produk/tempat wisata yang lebih istimewa dibanding yang diluaran sana. Inilah saat nya kita gali, kita promosi dan kita jaga agar selalu lestari apa yang kita miliki.Karena kita punya, kita istimewa, dan kita bangga! #SimplyAuthentic

  • Ade Nurkamila
  • 1 bulan yang lalu

Keren.. Indonesia emang punya pesona yang luar biasa gaes.. Mungkin kadang kitanya ajahbyang gak mau tau dan gak mau memperkenalkan pada dunia.. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Sheilla Andriani Rizky
  • 1 bulan yang lalu

Hidden paradise! Aku suka nih referensi yang ginian. Ga harus sejauh itu untuk mendapatkan yang indah. Kadang ada tempat yg blm kita jamah tapi luar biasa indah. Saya juga lagi bingung enaknya kemana libur sekolah nanti. Tapi ini beneran #puretaste gimana serunya jalan dan menikmati long weekend bersama temen tercinta.

  • Luthfi Zul Fahmi Muslim
  • 1 bulan yang lalu

Setelah membaca history dari bro Bara saya teringat setahun yang lalu, saya mengunjungi pantai Sawarna yang indah ini apalagi moment sunset nya 👍 paling syahdu pokoknya. Saat itu saya tidak mengabadikan moment indah matahari terbenam di Pantai Sawarna, tetapi kabar baiknya tiba-tiba #PureTaste saya muncul saat menikmati indahnya salah satu Serpihan Surga yang ada di banten tersebut, setelah itu saya pun menjadi seorang traveller dan fotographer yang selalu mengabadikan perjalanan saya melalui social media seperti instagram, menjadi hobi sampai detik ini bahkan bisa menghasilkan uang. Ini #PureTaste saya dari Pantai Sawarna satu tahun yang lalu. Bahagia itu bisa menikmati serpihan Surga yang ada di bumi pertiwi ini. Terima kasih.

  • Fabian Nurdian
  • 1 bulan yang lalu

Hei bro Bara, thanks udah berbagi cerita bareng kita. Ya, Indonesia emang surga buat traveler. Gak perlu ke luar negeri untuk bisa merasakan yang namanya world class experience. Tapi sayang masih banyak mutiara-mutiara terpendam di Indonesia yang perlu diurus dan dipromosikan. Nah, Pure Taste buat saya adalah saat saya mencicipi kenikmatan saat berhasil mempromosikan pariwisata daerah. Kebetulan saya bersama teman-teman membuka jasa tour & travel, dan saya bersama tim saya selalu berusaha membuat paket tour yang menarik, unusual, tapi tetap memperhatikan faktor keselamatan. Dan ketika kami berhasil meyakinkan orang-orang untuk berkunjung dan mereka merasa puas akan pelayanan kami, itu buat saya sungguh suatu Pure Taste yang adiktif. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Syukron Hamdalahuddin
  • 1 bulan yang lalu

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, we are lucky bro! Referensi pantai yang dekat jaraknya dari ibu kota dan masih terjaga keasriannya selain sawarna adalah tanjung lesung. Dari jakarta 3 jam saja waktu tempuhnya, cukup efisien bagi yang ingin liburan namun tidak bisa ngambil cuti lama-lama. Pantai ini juga fasilitasnya cukup lengkap dan cukup tenang suasananya, cocok buat ngerefresh otak setelah bekerja penuh. . Bisa juga jelajahin kepulauan seribu. Pantai-pantai di pulau harapan ataupun pulau pari dan pulau-pulau lain disana cukup bagus dan fotogenic. Cocok buat yang suka photo atau mau ambil photo prewedding. Tapi, 1 hal yang harus kita pegang dan aplikasikan tiap berlibur adalah, tetap menjaga lingkungannya, kebersihan, kasriannya dan jangan merusak fasilitas yang ada. Tempat yang indah tidak akan bertahan lama kalo kita tidak bisa menjaganya guys. #Puretaste itu, kembali ketempat yang sama untuk kedua kalinya dengan cita rasa yang sama, sama indahnya. #Simplyauthentic

  • Pradita Cynthia Sari
  • 1 bulan yang lalu

#PureTaste yang original menurut saya yang selalu kita dapatkan, selalu bisa membuat banyak orang juga ikut merasakan bahagia, yaitu melihat sunrise & sunset yang indah di manapun. Pasti sangat bangga & bersyukur kalau kita bisa dapatkan pemandangan indah saat sunrise & sunset. Dan lebih bersyukurnya lagi kita, Indonesia dikasih BONUS yaitu wilayah kepulauan yang punya spot paling indah untuk menyaksikan sunrise maupun sunset, contohnya spt di Pantai Sawarna(Banten), Wilayah Dlingo (Jogjakarta), Pantai-pantai di Bali, Gunung Lawu,Rinjani, Merbabu, dan lainnya. Its #SimplyAuthentic 👍

  • Brigita Rares
  • 1 bulan yang lalu

WONDERFULL INDONESIA!! sama seperti yang di bilang oleh orang Indonesia,banyak banget kekayaan alam di Indonesia gaperlu jauh keluarga negeri Sudirman aja yang sekarang kita lihat udah mirip banget kaya Singapur,mau cerita sedikit aja waktu itu gue Ke Toraja disana gue pergi ke Londa yang merupakan tempat wisata kuburan di toraja,disana bukan sekedar wisata aja tpi emng beneran asli kuburan dibyangan gue kalo kuburan indentik sama yang serem kaya rumput2 kering trus tanahnya rusak,ternyata engga malahan itu keren banget asli,ada pemandangan hijau juga disana yang bikin gue tertarik adalah ada gitu ya orang yang dimakamin sampe keatas-atas bisa dibilng smpe gunung bisa bayangin ga sih itu orang yang kuburin mayatnya kaya gimana naik sma turunnya,disana juga ad kaya boneka-boneka gtu buat gambarin rupa orang yang udh meninggal,antara serem dan takjub liatnya emang Indonesia yang kita lihat biasa saja namun ketika kita udah main kepelosok2 baru rasain betapa MEGAHNYA Negara kita ,jadi Pure Taste menurut gue itu adalah kita jangan melihat suatu daerah atau negara dari luarnya namun kita harus bisa mengetahui negara tersebut dari dalam seperti kalian bisa masuk dan menjelajah di negara itu dan pasti bakal nemuin suatu yang beda dari negara itu dengan negara lainnya. #Puretaste#SimplyAuthentic

  • Tulus putra ramadhan
  • 1 bulan yang lalu

Ya saya pendatang batu di tangerang sejak tahun 2014,tepatnya bulan september 2014 dan saya langsung memulai rutinitas dengan bekerja di salah satu perusahaan di tangerang, waktu itu udah berjalan hampir 1 tahun dan saya hanya bekerja dan bekerja dan tepatnya tgl 17 agustus tahun 2017 saya di ajak rekan saya di tempat kerja pulang ke kampungnya di bayah, katanya saya bakalan di ajak ke surganya banten pantai sawarna tepatnya tanjung layar , dan saya mengiyai ajakannya, dan malam 17 agustus saya memulai perjalanan ke pantai sawarna dengan teman saya dan beberapa rekan kerja saya yang ikut penasaran akan surga tersebut , 4-5 jam perjalan kami tempuh dengan jalur gunung kencana perjalan dimulai jam 2 pagi waktu , dan baru sampai di kawasan pantai atau jalan yang sebelahnya pantai belum sampai destinasinya saya sudah merasakan PURE TASTE dimana penat saya selama setahun di tangerang hilang akan ke indahan pantai sepanjang jalan menuju pantai tanjung layar, disitu serasa beban mental rasa penat lelah perjalanan langsung sirna akan ke indahan alam yang tuhan ciptakan dan sampai sekang walaupun tidak di rencanakan secara tidak sadar setiap tanggal 17 agustus dari tahun 2015,2016,2017,dan paling terakhir 17 agustus 2018 kemaren saya berkunjung lagi ke pantai sawarna bersama rekan baru dan saya mempunyai misi dan rasa bangga ketika sudah mendekati sawarna ,saya berkata keteman-teman baru saya tg baru pertama kali ke sawarna, “ ini lo surganya banten, belum sampai lokasi aja udah manjai mata banget” dan saya melihat sendiri semua teman” saya hanya terdiam kagum melihat keindahan nya dan itu merupakan simply authentic ketika saya bisa mengajak orang untuk tahu akan surga tersebut,mungkin itu sedikit pengalaman saya yang sering saya ulang secara tidak sadar dan mungkin itu bentuk saya merayakan 17 agustusan dan mungkin tahun depan akan terulang kembali dengan membawa teman baru agar semua tahu kalo banten punya surga yang sangat indah #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Teguh Nugroho
  • 1 bulan yang lalu

Buat gue, #PureTaste yang #SimplyAuthentic itu adalah saat kita bisa melihat, atau merasakan sesuatu yang memang berasal dari daerah tersebut. Misalnya, kalau ke Jogja, dua elemen tersebut dapat diperoleh dengan menikmati gudeg dan main ke candi-candinya yang megah. Lain lagi kalau ke Singapura. Gue nggak akan menyia-nyiakan kesempatan wara-wiri dengan MRT-nya yang modern dan mengunjungi beberapa gedung ikonik.

  • Teguh Nugroho
  • 1 bulan yang lalu

Gue setuju! Ngapain sih ke luar negeri kalau cuma buat ke pantai pasir putih? Makanya, gue kalau ke luar negeri ya lebih suka mencari pengalaman baru yang nggak bisa gue dapat di Indonesia, eksplor kota-kotanya, makan makanan khasnya, naik angkutan umumnya demi mendapatkan #PureTaste yang #SimplyAuthentic

  • Teguh Nugroho
  • 1 bulan yang lalu

Nah ini! Buat warga Jakarta yang udah bosen weekend getaway ke Kepulauan Seribu atau Ancol, Pantai Sawarna di Banten bisa jadi jujugan untuk menemukan #PureTaste keindahan alam Indonesia yang #SimplyAuthentic. Pasir putih dan air laut yang memantulkan warna biru langit dapat kita temukan di sini!

  • Jimmi Sutono
  • 1 bulan yang lalu

buat gue, pure taste sebenarnya adalah saat kita bisa liburan dengan cara dan selera kita masing-masing. Tentu tidak bisa dipukul rata bahwa pantai adalah cara liburan yang terbaik, atau ke luar negeri adalah yang paling mewah. Karena saya percaya tiap orang punya selera masing-masing untuk mengisi liburan mereka. Karena detik dimana kita bisa enjoy moment bareng orang yang kita cintai, disitu pure taste dari kebahagiaan bisa kita rasakan. #puretaste #simplyAuthentic

  • Arief Rachman
  • 1 bulan yang lalu

Sawarna memanglah menakjubkan. Pas terakhir kesini beneran menikmati jalan-jalan. Yang gue seneng selain tempatnya adalah perginya bareng temen-temen. Bisa seseruan main Pasir, main di Pantai, menjelajahi Gua dan yang pasti bisa nyicipin aneka seafood yg fresh banget. Pure Taste buat gue adalah saat di Tanjung Layar tiba2 hujan gede banget. Bukannya berteduh Kita semua malah jingkrak-jingkrak main air hujan. Udah lama rasanya ga main hujan. Kalau di Jakarta yang ada kehujanan kabur kan takut basah. Disana Pure Taste Alam. Bebas sekali rasanya main hujan. Sampai Kita sok2an nari tribal segala, membuat lingkaran memuja air dari langit. Gila emang. Tapi jadi pengalaman seru dan membebaskan. Simply Autenthic. Entah kapan bisa terulang lagi moment kayak gitu

  • Ema Maemanah
  • 1 bulan yang lalu

Keindahan pantai Sawarna dan jarak tempuh untuk kesana yang juga gak terlalu jauh memang Simply Authentic banget karena gw udah pernah kesana dan asli bikin betah banget suasananya karena kita bener-bener ngerasai pure taste dari alam lewat desiran ombak, wangi laut dan angin sepoi-sepoi di pantai. Nah kalo gw nih sebagai wanita pecinta tanaman dan bunga Pure Taste itu bisa gw rasain ketika gw menanam tumbuhan dari biji gw rawat pake pupuk, gw siramin setiap hari lalu dia jadi anak pohon terus gw ngelihat dia tumbuh setiap hari hingga akhirnya berbunga wihhh pada saat itulah gw ngerasain PURE TASTE. Suatu rasa haru dan syukur bisa bener-bener ngerawat dari 0 sampai akhirnya tumbuh subur dan berkembang dengan indah.. senaaaang banget lihatnya. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

PURE TASTE versi gue adalah menikmati hidup dengan bermain alam yg nature , yg belum banyak orang tau ( belum banyak di jamah oleh orang ) keasrian serta kepolosan dari alam akan lebih terasa , lebih tenang juga karena blm banyak pengunjung . sebagai tempat penenang di sela segudang aktifitas sebagi pelampiasan kelelahan dengan menikmati indahnya alam . ya pantai sawarna adalah salah 1 list traveling berikutnya karena pantai tsb memang blm banyak di jamah oleh orang ( masih sedikit pengunjung ) . masih banyak orang tdk tau pantai seindah sawarna . #PureTaste #SimplyAuthentic

  • agung kristiono
  • 1 bulan yang lalu

pure taste versi gw adalah, suatu tempat dimana jarang orang tau, jarang di expose dan alam ya masih segar, dan teryata di banten ada juga pantai yang gk kalah keren ya dr anyer, sawarna pantai yang mungkin gw baru denger dan teryata bagus juga buat di jelajahi #puretaste #simplyauthentic

  • Rifaldy Kurniawan
  • 1 bulan yang lalu

Wow, Pantai Sawarna Banten, sebenernya nama tempat ini udah sering bgt2 direkomendasikan sebagai tempat wisata pantai yang perlu dikunjungi. Kalo liat foto-fotonya di sosmed, wisata pantai sawarna emang indah bgt, sumpah. Jujur ya, karna gw lebih suka pantai ketimbang gunung, jadi menurut gw pribadi, pantai ini cukup pure taste lah.. Kesan2nya nih utk yg blm pernah kesini dan pengen kesini; kesan pertama yang akan kalian dapat adalah; segar. Kombinasi pemandangan dan suasana alam yang sangat indah, bukit yang masih alami, pantai putih, dan laut bakal bikin suasana hati langsung fresh, tenang, dan yg pasti bakal hilang semua rasa galau, kecewa, dan penat di dada, hehehe Pantai ini bisa dikatakan salah satu tempat wisata di Banten yang favorit lah. Banyak orang bilang, keindahan pantainya tuh ngk kalah dengan daerah lain yang udah populer seperti pantai di Bali, pangandaran, gunung kidul, dll. Bahkan sebagian bilang, pantai ini cukup lebih indah. #PureTaste #Simplyauthenthic

  • Fariz Gustafianto
  • 1 bulan yang lalu

Menurut saya pure taste bisa dimanapun bang . Di warung lesehan pun bisa terasa amat nikmat jika jika bersama orang tersayang di sekitar kita . Tapi , jika di padukan dengan tempat yang indah terasa sangat sangat bahagia bang . Pengalaman saya waktu saya menginap di Taman Nasional Baluran di Banyuwangi dengan anggota keluarga besar Bani Somingan saya. Rasanya nyaman sekali meskipun cuma menyewa 1 rumah dengan 2 kamar tidur . Berbagi tempat tidur , berbagi makan dengan saudara + monyet dan banteng di sekitar sana hahahah. Kebersamaan dengan keluarga di padukan dengan tempat yang sangat begitu indah menjadi perpaduan yang begitu sangat menarik . Udah segitu aja menurut saya bang . Terima kasih 😊 #PureTaste #Simplyauthenthic

  • Renda Pradana
  • 1 bulan yang lalu

Subhanallah... Sunsetnya itu lo Ya Allah keren bangeet.. Pengen banget kesana, Sumveh! hehee Sebelumnya terimakasih buat bang Bara Ilham udah kasih refensi distinasi wisata yang keren banget. Like It! Oyaa kalo Pure Taste menurut aku dari pantai Sawarna ini adalah Pantai ini masih sangat murni banget artinya belum banyak orang yang kesini, keasrian dan keindahan alam di pantai sawarna ini masih bener bener PURE, Alami banget. MasyaAllah. Apalagi kita bisa have fun bareng temen temen kita.. Settdaaahh.. Pasti bakal jadi liburan yang gak bakal terlupakan. Jadi memori terindah di dari Pantai Sawarna. Sumveh pengen kesanaaaa. Heheeee.. Itu aja sih Pure Taste menurut aku. Salam kenal semuanya, dapat salam dari Blitar Kota Bung Karno. #PureTaste #Simplyauthenthic

  • Juny ikhsan nurdin
  • 1 bulan yang lalu

Kalau menurut awak Pure Taste Itu. Adalah raso puas akan pemandangan alam dan sabanapun dakek dari tampek hidup awak. Lataknyo bumi Minangkabau yg ndk akan habis di eksplor untuk di kembangkan serta di promosikan soalnya Minangkabau layaknya miniatur dari beberapa dunia... Contoh ee... Di Inggris Ado Big Bane ha di bukiktinggi Ado jam gadang. Nio mancaliak Niagara ndk usah jauah ka Amerika caliak se youtube hehehe bagarah. Kok di kalangan Ado atlet makan cepat Takeru Kobayashi ha di Minang adolo Uda bara Ilham app juo laii..Haryanto Kito bangga Jo apo yg Kito punyo Jan banyak Lo mangaluah....Acok mangaluah ndk kajadi ciek ee do....catatan untuk anak" muda yg diminang..hargai.budaya kalian atau paling indak pahamilah. Kalau kalian tidak mau menyesal di perantauan.. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Juny ikhsan nurdin
  • 1 bulan yang lalu

Kalau menurut awak Pure Taste Itu. Adalah raso puas akan pemandangan alam dan sabanapun dakek dari tampek hidup awak. Lataknyo bumi Minangkabau yg ndk akan habis di eksplor untuk di kembangkan serta di promosikan soalnya Minangkabau layaknya miniatur dari beberapa dunia... Contoh ee... Di Inggris Ado Big Bane ha di bukiktinggi Ado jam gadang. Nio mancaliak Niagara ndk usah jauah ka Amerika caliak se youtube hehehe bagarah. Kok di kalangan Ado atlet makan cepat Takeru Kobayashi ha di Minang adolo Uda bara Ilham app juo laii..Haryanto Kito bangga Jo apo yg Kito punyo Jan banyak Lo mangaluah....Acok mangaluah ndk kajadi ciek ee do....catatan untuk anak" muda yg diminang..hargai.budaya kalian atau paling indak pahamilah. Kalau kalian tidak mau menyesal di perantauan.. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Juny ikhsan nurdin
  • 1 bulan yang lalu

Kalau menurut awak Pure Taste Itu. Adalah raso puas akan pemandangan alam dan sabanapun dakek dari tampek hidup awak. Lataknyo bumi Minangkabau yg ndk akan habis di eksplor untuk di kembangkan serta di promosikan soalnya Minangkabau layaknya miniatur dari beberapa dunia... Contoh ee... Di Inggris Ado Big Bane ha di bukiktinggi Ado jam gadang. Nio mancaliak Niagara ndk usah jauah ka Amerika caliak se youtube hehehe bagarah. Kok di kalangan Ado atlet makan cepat Takeru Kobayashi ha di Minang adolo Uda bara Ilham app juo laii..Haryanto Kito bangga Jo apo yg Kito punyo Jan banyak Lo mangaluah....Acok mangaluah ndk kajadi ciek ee do....catatan untuk anak" muda yg diminang..hargai.budaya kalian atau paling indak pahamilah. Kalau kalian tidak mau menyesal di perantauan.. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Dian Iswahyudi
  • 1 bulan yang lalu

Alam mengajarkan kita untuk saling menyayangi, mengasihi dan untuk sama2 berbenah diri, my pure taste is when i see the bautiful of sunset karna tenggelamnya matahari itu indah sekali dan jika saatnya tiba nanti aku juga ingin tenggelam bersama keindahan Sang mentari dan bertemu sosok nan maha segalanya di SurgaNya. Amin. #PureTaste #Simplyauthentic

  • Angie Ayuningtyas
  • 1 bulan yang lalu

pure taste versi aku adalah menikmati kebersamaan bersama orang tersayang. it’s a simple thing to do, quality time bareng, makan bareng, share everything tanpa merasa terhakimi atau apapun karena itu keluarga yg paling dekat dengan kita. sebisa mungkin luangkan waktu bersama at least seminggu sekali, kumpul2 melepas rindu bila saudara jauh, bercanda dan melepas penat dari kesibukan yg ada. #PureTaste #Simplyauthentic

  • Angie Ayuningtyas
  • 1 bulan yang lalu

pure taste versi aku adalah menikmati kebersamaan bersama orang tersayang. it’s a simple thing to do, quality time bareng, makan bareng, share everything tanpa merasa terhakimi atau apapun karena itu keluarga yg paling dekat dengan kita. sebisa mungkin luangkan waktu bersama at least seminggu sekali, kumpul2 melepas rindu bila saudara jauh, bercanda dan melepas penat dari kesibukan yg ada.

  • adi muhammad rifqi
  • 1 bulan yang lalu

assalamualaikum....kalo pure test bagi gua sendiri sebenarnya ga jauh beda sama bang bara,gua sebagai seorang santri yg udah 6 tahun lbh dan skrg jadi ustadz hehehe,yang pasti gua itu ngerasa penat banget di asrama bahkan gua smpet agak frustasi dengan keadaan yang gua alami saat itu,bayangin aja gua selama 6 thn lbh di ikat sama peraturan,dan untuk mengobati rasa penat tersebut gua sam temen temen ngerencanain buat refreshing bentar,dan akhirnya kita semua memutuskan untuk ke pantai,namanya pantai indrayanti yang berada di jogja,disana itu masih asri banget pemandangannya juga pasirnya putih dan kebersihan pantai indrayanti juga masyarakat disana ramah ramah,jadi uniknya di pantai indrayanti itu ada palungnya dan palungnya itu berada deket sama garis pantai skitar kurang lebih 95 meter,yang mana palung itu menambah sensasi kita buat berenang ke dasar pantai wkwkw dan ombaknya itu sangat bersahabat bgt buat slancaran juga nyaman ga membahayakan juga bisa buat maen skateboard kalo bisa wkwkwk,stlh ke pantai indrayanti gua langsung gas ke goa pindul,di goa pindul itu nanti kita menikmatinya dengan menaiki ban lalu memasuki goa untuk menikmati keindahannya,jujur gua kagum bgt sama indonesia yg udah kaya surganya dunia,mungkin cukup samoe sini aja pure test dari gua,,sukron wassalamualaikum #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

berbicara megenai yg di tulis oleh Bara Ilham tentang Pantai Sawarna , saya sendiri hampir mengunjungi pantai sawarna dengan teman2 . disana memang pantainya sangat asri & cantik menurut teman yg sudah berkunjung kesana . Banyak wisatawan yg blm tau sawarna sehingga pantai sawarna ini blm banyak di jamah oleh manusia sehingga keindahan serta keasrian memang sangat cantik . utk sekarang wisatawan yg datang ke pantai sawarna sudah mulai banyak pengunjung & di kenal oleh masyarakat . hanya saja benar kata Bara ilham perjalanan menuju pantai sawarna harus sabar karena perjalanan menuju sawarna tdk mudah mengenal perjalanan tdk semulus spt jalan2 pada umumnya krn banyak di lalui truk2 besar sehingga mengakibatkan jalan yg tdk bagus harus tetap berhati2 . namun akan terbayar setelah kita sampai disana dengan kecantikan sawarna dengan keindahan Alam & keasrian pantainya dengan harga yg terjangkau kita sudah menikmati ciptaan Tuhan yg sangat luar biasa . " Pure Taste " kamu dapat menikmati hidup dengan segala keindahan Alam dan sejenak utk menikmati kebahagiaan yg telah Tuhan ciptakan #PureTaste #SimpleAuthentic

  • Novitasari
  • 1 bulan yang lalu

PURE TASTE menurut versi gue yg diliat sebagai mamak2 muda adalah menikmati hidup dengan tdk menghakimi hidup orang lain , menikmati hidup dengan berbagai keindahan alam di Indonesia dari sabang sampau merauke , hidup begitu indah dgn kita bersyukute metenung kebesaran Tuhan dgn segala ciptaanya yg indah .. melaui Alam kita belajar & bertafakur betapa luasnya & indahnya Alam kita yg tdk jauh kalah dengan negara lain , bahkan negara kita lebih kaya dari segi Alam , budaya , agama . maka saya sangat bangga & bersykur menjadi anak bangsa Indonesia " Pure Taste " . saya mencintai Alam & penikmat segala yg ada padanya . Alam memberikan kita oksigen memberikan ketenangan di sela aktifitas dan meninggalkan kesan positif . #PureTaste #SimplyAuthentic

  • hendry lurin
  • 1 bulan yang lalu

Pure taste versi gue adalah menjelajah tempat yang masih minim dikunjungi orang atau bisa juga menikmati keindahan alam yang masih bener2 alami dan belum rusak oleh polusi dan sampah ataupun tangan tangan jahil para penjelajahnya. seperti pantai sarwana ini. keliatan banget masih asri. banyak banget pantai di indonesia yang masih Pure dan suatu hari harus gue jelajahi :) karena indonesia ga kalah kok sama luar negeri. wisatawan aja suka masa kita yang asli orang indonesia malah nyari keluar negeri :P dan menikmati alam ga perlu ribet yang penting nyaman dan bikin mata dimanja dan masih terjangkau transportasi #PureTaste #Simplyauthentic

  • Dwi septiyadi
  • 1 bulan yang lalu

Indonesia belum merdeka, sibuk cari uang tapi hanya sangat sedikit yang bisa menikmati keindahan Indonesia

  • Ineke Andiny Frasti
  • 1 bulan yang lalu

Pure taste menurut versi gw adalah, dimana kita bisa merasakan alaminya alam ini, yg ada di indonesia, keasriannya, keindahannya yg ada di indonesia, dan menurut gw ga harua dg pergi jauh liburan mahal, byk ko liburan murah, dan tempatnya keren abis apalgi di barenhin dg teman2 kita liburannya, klo ibarat nasi timbel. Komplit itu, liburan di tmpr alami yg sejuk, segar, udaranya enak di tambh bareng temna2 kita, dimana mata kita di manjakan oleh keindahan alam yg sangat indah, membuat pikiran, hati menjadi tenang, senin - jumat kita kerja, naah terkadang kita perlu liburan sejenak, biar ga penat, Ditambah denhan kita menjaga dan mencintai lingkungan alam indonesia kita dg menjaga kebersihan tidak membuat sampah sembarangan, atau mengambil apapun, cukup ambl spot photo yg paling keren.. Hehehe.. Dan jgn meninggalkann jejak apapun selain waktu dan kenangan.. Itu sih menurut gw arti pure taste #PureTaste #simplyauthenthic

  • Mira Ryanti
  • 1 bulan yang lalu

#PureTaste versi aku sih ngga jauh beda dgn apa yg diungkapkan oleh Bara Ilham. Rutinitas sebagai ibu rumah tangga kadang membuat penat dan cukup melelahkan, dari mulai bangun tidur hingga kembali menuju tempat tidur diisi dgn aktivitas yg sama di setiap harinya. Ingin rasanya sekejap lari dari rutinitas yg monoton dgn melakukan hal yg tak biasa, sebetulnya ini hal yg mudah tapi terasa berat karena lagi-lagi liburan pun otomatis tetap harus mengajak anak2. Untuk urusan yg satu ini yg paling penting adalah niat dan tekad agar liburan bisa terwujud sesuai yg diharapkan. Sebenarnya liburan itu tak harus mahal karena tujuan utamanya adalah mengusir kepenatan. Kalau pergi ke pantai sih sekedar melihat sunset beach dan menghirup udara laut bersama keluarga tercinta sudah membuatku bahagia karena oksigen di daerah perkotaan terasa semakin hampa akibat polusi udara yg semakin tak terbendung. Seandainya bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkling atau naik banana boat, aku anggap ini adalah bonus. Bagiku yg terpenting bisa melupakan rutinitas sejenak dgn berlibur ke pantai itu sudah lebih dari cukup #SimplyAuthentic

  • Larecha Malau
  • 1 bulan yang lalu

Pure Taste versi saya adalah ketika kita bisa merasakan dan menikmati keasrian dan keindahan alam di Indonesia, bisa bersama keluarga atau teman-teman. Tidak sibuk buka Handphone untuk foto-foto, edit foto, dan mengupload-nya ke Media Sosial disaat kita masih berada di tempat yang kita kunjungi. Kita bisa foto asalkan jangan terlalu sampai kita tidak benar-benar merasakan dan menikmati asrinya alam yang kita kunjungi. Dan kita yang bisa menikmati alam yang begitu asri dan indah, kita juga patut menjaganya seperti tidak membuang sampah sembarangan. Dan untuk bisa menikmati alam Indonesia itu tidak harus mahal. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • M. Putra Pratama
  • 1 bulan yang lalu

Buat gw liburan yang #PureTaste itu adalah ketika gw merasa nyaman dan tenang dalam segala hal termasuk akomodasi dan transportasi menuju dan selama berasa di lokasi liburan. Yes, wisata alam pasti memberikan suasana dan rasa #PureTase karena lingkungan yang alami. Tapi kalau menuju lokasinya aja sudah menyusahkan dan merasa sengsara saat berada di lokasi ya buat apa? Ini bukan soal manja atau kurang jiwa berpetualang tapi bagaimana menghargai diri sendiri dengan menikmati liburan. As I enjoying myself I can find the #PureTaste of my holidays and that's what I called #SimplyAutentic 👌

  • Nia Yuniati
  • 1 bulan yang lalu

Pantai sawarna emang jadi destinasi liburan impian begitu pula dengan aku, dari dulu masih sekolah SMA aku pengen banget liburan kesana tapi dulu ga pernah dapet izin dari ortu terutama ibu padahal aku dulu tinggal di Serang, Banten ga begitu jauh sih . Dan sekarang udah dewasa udah bisa nentuin liburan kemana aku tinggal di Bekasi . Penat, banget pengen liburan kesana sekaligus puasin hobby buat jadi objek foto temen ku 😁 sampe sekarang cuma bisa liatin foto2 temen yang lagi liburan disana aja bikin hati sakit deh . Tapi emang beneran keren sih semua temen aku pun bilanh gitu yg udah pernah kesana patut dicoba deh dari pada weekend nya mentok puncak lagi puncak lagi 😂 #PureTaste #SimplyAutentic

  • nani sumarni
  • 1 bulan yang lalu

Indah pemandangan alam yang sangat berarti bagi kita yang melihatnya.. walaupun harus naik ojek 😊 #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Adelia Herminawaty
  • 2 bulan yang lalu

Sebelum memulai perjalanan, memang tidak salah kalau mengekspetasikan bagian buruk dalam perjalanan a.k.a. prepare for the worst part supaya kita punya berbagai antisipasi/pencegahan sebelum atau sesudah kejadian. Perjalanan ke suatu destinasi wisata baru tidak selalu sebebas-bebasnya dan aman hingga merasa masa bodoh dengan lingkungan sekitar, kita harus tetap berpikir rasional juga saat berkunjung ke tempat wisata baru dimulai dari memahami “do & don’t” di tiap daerah yang kita kunjungi karena tiap aturan, watak, dan sikap warga itu berbeda-beda karena budaya dan adat istiadat. And at least, be respect, hargailah orang yang menyambut kita sebagai turis dan hargailah waktu yang kita nikmati selama berkunjung di tempat wisata. Berambisi besar memang bagus tapi menikmati hasil yang kita dapat lebih berharga dari yang lain. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Alkaprasetya
  • 2 bulan yang lalu

Yapp gua pernah bang kepantai itu,gua suka sama karang yg berbentuk kolam kolam kecil di pinggir pantainya, gua juga suka sama akses masuknya yg ngeri lewat jembatan kayu wkwkwk, gua suka sama nama tempat 'SAWARNA' ternyata wisatanya gacuma pantainya aja yg seru, ada goa nya juga loh kwkw, tapi sayang jalan menuju pantainya serem banget sama rusak jalannya, but it's ok kalo udh sampe mah pasti lgsg ilang pikiran jeleknya kwkw. Pokoknya #PureTaste #Simplyauthentic

  • Adelia Herminawaty
  • 2 bulan yang lalu

Kak Bara really does picturing what a travelling need-basis-joyful-holiday travelling out of hectic Jakarta. Poin besar yang dipaparkan memang terangkum langsung ke hal-hal apa yang perlu dipersiapkan secara detail untuk menuju dan selama berada di tempat tujuan traveling yaitu Pantai Sawarna Banten, dengan kemungkinan terburuk selama masa travelling yang dianalisa kondisi (rute perjalanan, lama perjalanan, kondisi perjalanan, moda transportasi, destinasi wisata dan lain-lain). Menceritakan benar-benar secara detail dan gamblang pengalaman traveling kali ini, terutama detail betapa indah dan otentiknya wisata Pantai Sawarna yang Pure Taste banget. Bagus banget artikelnya. Menurut saya, persiapan tidak kalah penting selain merencanakan liburan seperti bahasan di artikel, khususnya bagi jatah libur yang singkat alias tidak bisa lama-lama (contoh: karyawan apapun itu). Tentukan jangka waktu liburan yang sesuai dengan destinasi yang diinginkan saja, jadi bisa langsung diperkirakan ukuran budget yang akan dikeluarkan, dan destinasinya jangan banyak dan jauh-jauh, agar tidak buang waktu dan lebih berasa puas ketika stay di satu lokasi wisata lebih lama. Kalau bersama-sama teman travelling, "pilah-pilih" yang sevisi sama dengan kita, contoh: selalu excited untuk mencoba hal unik, tidak rempong tempat tinggal, aim for relatively low cost tapi tetap enjoy. Well, saya senang banget artikel ini yang "so MUCH AWESOME to be GOOD". #PureTaste #SimplyAuthentic

  • ayu ozik
  • 2 bulan yang lalu

PURE TASTE versi saya sama seperti bang bara pergi kepantai dan pastinya bersama teman. Karena pantai emang selalu menenangkan dan kebersamaan bersama teman akan selalu menyenangkan. ketika kedua itu digabungkan , pantai dan teman...perfectmoment wow!! Pasti bang bara tak henti-hentinya mengucapkan syukur dan pujian kepada tuhan karna mengizinkan utk merasakan semua kenikmatan dan melupakan kepenatan pekerjaan..ya meskipun hanya sementara. Karena begitu juga yang saya rasakan waktu itu. Benar sekali kata bang bara "Kenapa kita musti keluar negeri kalau kita bisa menemukan banyak keindahan pesona alam yang otentik di Indonesia?" Terimakasih sudah berbagi mencerita pengalaman dan keindahan itu semua bang , kembali mengingatkan saya semua rasa itu semua..saya sangat bangga dengan Indonesia dan bersyukur menjadi penduduknya yang ikut merasakan ragam keindahan dan kekayaan yg ada. #PureTaste #Simplyauthentic

  • Trio Pambudi
  • 2 bulan yang lalu

Wahh bagus banget pantai sawarnya ternyata. Recomendet bgt nih buat temen2 yg mau refreshing dari hiruk pikuk jakarta selain drpd harus jauh2 ke bali ataupun lombok. Ternyata di sekitaran sini jg banyak pantai yg bagus2. Manfaat bgt nihartikel buat2 refrensi tujuan liburan. 😊. Truss kalo ditanya tentang PURE TASTE menurut aq sih liburan gak perlu ribet2 yang penting rasa kebersamaanya seneng barengnya itu yg terpenting #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Andre Budiman
  • 2 bulan yang lalu

PURE TASTE versi saya di bidang TRAVELING adalah dapat menguak serunya sebuah perjalanan dalam menjelajah surga-surga dunia yang masih tersembunyi, khususnya di Indonesia. Semakin tinggi dan semakin langka gunung yang didaki. Pulau-pulau indah tak berpenghuni satu per satu ditemukan, pantai-pantai perawan pun mulai "diperawani", direnangi, dan diselami. Dan banyak lagi kegiatan penjelajahan yang menguak indahnya negeri ini. Indonesia terlalu indah untuk didiamkan saja. Terlalu sayang untuk melihatnya hanya dari kacamata orang lain, dengan syarat kita memang mampu untuk melakukan sebuah perjalanan. TRAVELING adalah tentang IMPIAN, tentang SELERA, dan tentang TUJUAN. Dimana IMPIAN dan SELERA setiap individu traveler memiliki keunikan masing-masing yang tak bisa disalahkan atau dibenarkan. Sedangkan TUJUAN dari traveling yakni apa yang seseorang cari dari perjalanannya. Ada yang hanya sekedar melepas penat dari rutinitas dan ingin disuguhi panorama alam yang indah, ada pula yang ingin merasakan pengalaman sosial yang berbeda-beda. Ada kepuasan tersendiri jika kita bisa merasakan dan melewati itu semua. Alangkah baiknya pula jika perjalanan kita mempunyai tujuan, yang setidaknya dapat membuat kepribadian kita menjadi lebih baik. PURE TASTE traveling adalah mampu menyerap dan menyaring sisi-sisi positif yang didapat dari perjalanan yang dilakukan dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari, karena kehidupan ini sendiri adalah sebuah perjalanan. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Jacqueline
  • 2 bulan yang lalu

Travelling.. Travel as much as you can Relieve yourself from all stress Adequate yourself with positive energy Volunteer to do good Escalate your inner beauty Love yourself and others Look beyond the borders I can do it, say it! No one could resist kindness Go make impact and changes #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Rhena L Santoso
  • 2 bulan yang lalu

Makasih 'Uda Bara' alias 'TanBoy-Kun' atas sharing pengalamannya di Pantai Sawarna. Sharing lw membuka mata kita bahwa masih banyak tempat wisata alam menarik disekitar kita yang dapat kita kunjungi. Menurut gw penggunaan istilah "Pure Taste" adalah kenikmatan 'Ultimate/Sempurna' yang bisa lw rasain, dalam hal ini di moment lw jalan-jalan dan rasa itu sifatnya personal. Jadi "Pure Taste" bagi seseorang bisa jadi berbeda dengan orang lain. Nah kebetulan "Pure Taste" bagi gw ga jauh beda dengan yang 'Uda' rasakan, saat gw bisa rasain moment bersama orang-orang terdekat ditambah kondisi alam yang mendukung, Sun rise, Sun set, Bakar ikan bareng, Lari-larian di pantai atau sekedar hirup udara segar yang bebas dari polusi (yang merupakan barang langka dikota-kota besar) itu 'Ultimate Taste' bagi gw. Nah kalo "Simply Authentic" buat gw adalah hal yang 100% original berasal dari diri lw. Baik 'Ide, Karya ataupun hal yang mau lw lakukan'. Bukan sekedar menjadi 'Followers' dari orang kebanyakan apalagi untuk tempat wisata. Kalian harus tau Moment apa yang buat kalian rasakan "Pure Taste". Contohnya seperti Uda Bara, dia Tahu apa yang mau dituju dan kenapa pilih tempat tersebut, bukan karena ikut orang kebanyakan yang mungkin akan pilih destinasi mahal dan terkenal lainnya dan itulah contoh "Simply Authentic". Untuk dapetin keduanya biasanya beberapa cobaan dateng, seperti Uda Bara yang harus tempuh waktu perjalanan lebih lama dari biasanya karena kemacetan di akhir pekan. Juga akses dan fasilitas menuju dan di tempat wisata kadang ga sesuai dengan harapan di awal. Dan saat itu semua dapat dilewati, pada bagian akhir kita akan dapetin apa yang kita cari yaitu "Pure Taste" yang berasal dari "Simply Authentic" Idea yang kita miliki. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Layla Fauziah
  • 2 bulan yang lalu

Matahari atau bulan Pasir atau tanah Pantai atau gunung Pada akhirnya setiap pilihan mempunyai keindahan masing-masing. Pasir yang lembut, deburan ombak yang tenang dan batu karang yang keras adalah kombinasi yang pas. Sama halnya dengan memasak, untuk menyajikan suatu makanan yang berkesan maka harus ada kombinasi yang pas dari rasa yang ada. Jadi pantai dan memasak, sunset dan ikan bakar adalah dua hal yang bisa membuat hati ini menjadi syahdu. Mungkin itu yang bisa dibilang Pure Taste, karena sesuatu yang menyenangkan sebenarnya berasal dari hal sederhana yang ada disekitar kita. #PureTaste #Simplyauthentic

  • Amalia Amanah
  • 2 bulan yang lalu

Sebelumnya Terima kasih untuk bang Bara a.k.a bang Tan, hehe. Sebelumnya, gue ingin bercerita sedikit tentang keindahan alam Indonesia yang benar-benar masih tersembunyi dan jarang disentuh oleh manusia. Tepatnya ini ada di Lampung, bang. Disana banyak bukit dan pantai yang pernah gue kunjungi bareng sama temen-temen gue, sepi, hanya ada beberapa penjual dan satu buah wc sebagai fasilitas umjm gitu. Dari lubuk hati gue yang paling dalam nih bang, gue berharap destinasi wisata yang PURE TASTE begitu dikelola dengan baik melalui komunikasi masyarakat yang mengelola kepada pemerintah. Indonesia itu ternyata kaya wisata alam bang! Gue baru menyadari sewaktu itu bang, hahahaha. Sampe sempet berfikir, "Indonesia kok gini gini aja ya wisatanya". Ternyata, dengan berfikir lebih maju, gue sadar bang, Indonesia itu surganya wisata alamiah, tempat refresh paling oke lah kalo kata gue. Karena yang ada difikiran gue sekarang, terlalu mainstream untuk main ke tanah orang (re : luar negeri). Dengan mencintai alam di tanah sendiri, ternyata itu menyimpan keajaiban yang luar biasa. Dengan abang bikin artikel ini, abang makin membuka fikiran dan jiwa gue untuk terus melestarikan dan mencintai wisata alam di Indonesia. Terimakasih Bang Tan! #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Willyanto
  • 2 bulan yang lalu

Terima kasih sudah sharing destinasi liburan, Kak Bara! Lumayan nih buat referensi. Untuk Pure Taste versi aku adalah bisa mengeksplore atau menemukan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya/anti-mainstream dan mencoba sendiri berbagai hal baru dan mendapat pengalaman baru yang kita alami. Kita boleh saja cari rujukan atau referensi suatu hal dari orang lain untuk melepas penat misalnya hobi, destinasi wisata hingga outdoor sports. Tapi lebih Simply Authentic lagi jika kita mencoba sesuatu yang berbeda dan jarang dieksplore oleh kebanyakan orang, apalagi kalo nemuin hal yang 100% “kita” banget, it just feels like you find a precious treasure in a world. Dijamin lebih bahagia dan gak bakal dilupain seumur hidup! So the definition of my Pure Taste is finding something new like the way you searching for your greatest treasure. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Nurul annisya
  • 2 bulan yang lalu

Thanyou for sharing uda bara(manggil uda karena sama sama dari SumBar). Setuju sama statement uda bara, menjernihkan pikiran ga harus jauh jauh trus mahal. Soalnya the most of people sekarang lebih mementingkan gengsi. Tapi uda bara membuka mata kita kalo refreshing itu yang penting kualitas dan momen nya. #PureTaste menurut aku itu yg penting kebersamaan ga harus sama pacar atau sama teman aja, dengan keluarga pun kita seharusnya bisa membuat kebersamaan dan momen itu #PureTaste

  • Nurul annisya
  • 2 bulan yang lalu

#Simplyauthenthic

  • Arina Zulfa Arifah
  • 2 bulan yang lalu

Jujur saja saya belum pernah berlibur ke pantai di Banten dan selama ini hanya mendengar Anyer saja sebagai destinasi wisata. Setelah membaca dan melihat indahnya Pantai Sawarna yang masih perawan dan baru ini membuat saya ingin sekali mengunjunginya. Meski harus menempuh perjalanan jauh namun semua terbauarkan dengan desiran ombak, cantiknya sunrise dan kerennya sunset. Thank you sudah mau berbagi pengalaman kerennya :) #PureTaste dan #SimplyAuthentic

  • Hanne fitrada
  • 2 bulan yang lalu

Waah ternyata di Banten ada Surga dunia , makasih ya mas bara informasi nya . Tiap tahun setiap lebaran keluarga kami mengunjungi pantai-pantai yang berada di Banten lebih tepat nya Anyer , Tapi menurut ku itu terlalu umum sehingga kami tidak dapat menikmati pemandangan pantai , dan membuat kami tidak dapat berlama-lama . Tidak sesuai dengan capek nya kita di jalan, tapi mendapatkan informasi ini aku berpikir bakal jadi agenda ku dan keluarga 😊 pantai Sawarna menjadi pilihan petulangan kami selanjutnya #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Fadhil Fachriansyah
  • 2 bulan yang lalu

Makasih buat sharingnya Mas Bara. Mengeksplorasi sebuah tempat baru memang sebuah pengalaman yang akan terus kita ingat, apalagi kalau kita berangkat bareng teman-teman. Dulu gue juga punya pengalaman menarik travelling ke Lombok di awal tahun 2012 bareng teman-teman gue dan banyak keputusan spontan yang kita buat pada saat jalan waktu itu. Tapi hal spontan tersebutlah yang bikin perjalanan jadi makin seru. Pengalaman pertama pada saat tiba di destinasi gak akan terulang lagi, karena itu kita harus benar benar menikmati momen tersebut. Inilah Pure Taste versi gue ketika kita pertama kali menapaki dan menikmati suatu tempat baru. #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Atika Meylisa
  • 2 bulan yang lalu

Thanks for the info Mas Bara! Selalu Suka banget liburan ke pantai. Rame rame bahkan sendirian pun selalu dapet nikmatnya di pantai. Selama ini mau ke sawarna tapi belum kesampaian, gara2 artikel ini makin pengen bgt pergi kesana. Sawarna already on my list for my next destination holiday. Thank you!! #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Siti rachma fitriah
  • 2 bulan yang lalu

Got a new wonderful place to get lost and it also near. Thanks for the nice info ! #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Irwina Annisa
  • 2 bulan yang lalu

a pleasant holiday does not need to be expensive! #PureTaste #SimplyAuthentic

  • Teguh Senoadji
  • 2 bulan yang lalu

Nice info, thanks for sharing

More from version of Pure Taste content

Mengecap Cita Rasa Autentik Indonesia di Manila

Rindu obatnya hanya bertemu. Begitulah rasa rindu menuntun kami bert...

Roti Go, Merawat Tradisi dan Cita Rasa Berusia 120 Tahun

Keistimewaan Roti Go terletak pada usianya. Bayangkan, Roti Go sudah b...

SAWARNA, mutiara terpendam di Banten

Bosan dengan kehidupan yang monoton di Jakarta dan penat dengan pekerj...

Citarasa otentik Restoran Terbaik Dunia

Udah pernah makan di restaurant terbaik dunia belum? Sebelumnya, baik ...